09 September 2013

Home


Home, dimana kita merasa nyaman melakukan apapun. Kita kumpul sama keluarga, mulai dari bangun tidur sampe tidur lagi orang yang kita liat ya itu-itu aja, keluarga kita.

Pas bulan Juli kemaren ayah dipindah tugas ke Kalimantan Timur, Samarinda. Awalnya gue mikir, yaudalah emang tugas mau diapain lagi, masih ada telpon, sms, bbm ini kan, sekangen-kangennya kayak apa sih.

Rumah gue bulan itu juga baru mulai di renovasi, jadi keadaan rumah ya banyak debu, pontang-panting gak karuan. Rencana renovasi itu sebenernya mau bikin kamar buat adek gue di teras lantai 2 yang sebenernya bisa dibikin buat lahan main sepeda (lebay sih), ya tapi tetep aja kalo di teras itu dibangun ruangan, rumah gue bakal kerasa luas banget.

Gue ngerasain pertama kali yang namanya home alone seminggu setelah ayah gue ke Samarinda. Kakak gue masih di Bogor, ibu sama adek gue pergi ke Samarinda buat menghadiri pelantikan ayah di sana, gue nggak ikut waktu itu karena gue masih UAS, iya kali gue bolosin UAS. Suasana home alone masih baik-baik aja, gue survive, bisa masak nasi, cuci baju, bikin makanan yang edible, dan bisa belajar. It's okay, I can manage this time.

Lalu gue sekeluarga sempet ke Kalimantan pas libur sekolah, awal rencananya mau jalan-jalan sama ayah, tapi emang PNS bukan guru nggak ikut libur pas libur sekolah, yasudah akhirnya jalan-jalan sama ibu juga.

Selama di sana interaksi sama ayah cuma pas ayah pulang doang, kalo pagi ayah berangkat pagi habis subuh (kebetulan waktu itu lagi gak solat) jadinya gak liat. Yaudah deh sampe pulang ke Jakarta lagi aja kayaknya punya setengah hari full sama ayah cuma pas ayah nganter ke bandara. Pas itu ibu bilang ayah bakal pulang ke Jakarta pas lebaran.

Pas libur jelang lebaran ayah pulang, tapi gue sering pergi ke luar rumah buat kerja kelompok, jadi rasanya nggak sering ketemu juga. Baru kerasa kumpul keluarga lagi pas udah deket-deket hari h lebaran. Tapi nggak lama ayah balik lagi ke Samarinda.

Setelah masuk beberapa minggu habis libur lebaran, ibu mutusin buat ke Samarinda lagi buat jenguk ayah, yaudah deh di rumah tinggal ada gue sama adek gue. Untung pas ditinggal itu cuma dari hari Kamis sampe Minggu, bakal bingung sendiri mau kayak apa berangkat sekolah pagi-pagi sama adek gue.

Nah, kejadian terakhir yang paling baru itu kemaren, kakak sama ayah mutusin balik ke Jakarta, jadi rumah kerasa lengkap. Tapi lagi-lagi kesempatan yang ini kayak kebuang sia-sia juga.

Seminggu sebelum ayah gue pulang, di sekolah diadain satu lomba dalam rangka ulang tahun sekolah yang menurut gue paling wow dari semua lomba, yaitu lomba senam kelas. Khususnya dari lomba ini adalah lomba ini cuma buat anak kelas 12, jadi menurut gue lomba ini kayak bonding time nya setiap kelas 12 biar kompak di tahun terakhir. Alhamdulillah kelas gue menang juara dua, itu artinya kelas gue tampil lagi di acara puncak tanggal 7 September kemaren.

Ayah gue yang pulang hari Kamis malem cuma sempet gue temuin beberapa menit sebelum gue tidur karena pas hari Kamis itu gue pulang malem juga buat bikin tugas. Besoknya gue dianter ayah ke sekolah dan dijemput juga jam sembilan malem karena kelas gue latihan buat tampil senam besoknya.

Hari Sabtunya gue dianter dan dijemput ayah gue juga dari sekolah, itupun dijemput langsung les. Pas pulang les ayah rapat RT sampe malem jadinya ditinggal tidur.

Hari Minggu pagi ibu gue udah berangkat buat diklat sampe Jum'at minggu depan. Siang jam setengah dua ayah berangkat lagi ke Samarinda. Jam lima kakak balik ke Bogor. Dan kebetulan hari Minggu kemaren rumah selesai di renovasi, nggak ada tukang lagi di rumah. Rumah sepi lagi, jauh lebih sepi lagi karena seenggak-enggaknya nggak ada suara palu sana sini.

Ibu udah bilang sama emak (nenek) buat ke rumah selama satu minggu ke depan dan dijemputnya hari Minggu kemaren. Gue nungguin nenek dateng sampe malem sambil liat-liat isi rumah. Di lantai bawah sepi banget, walaupun tv udah gue nyalain nontonin Miss World. Adek gue ada di lantai atas lagi ngerjain pr jadi tambah sepi.

Gue duduk aja di meja makan sambil liatin buku PKn. Terus tiba-tiba gue nangis. Kejer. Kayak habis dikejar setan. Gue nggak ngerti sebenernya alasan utama gue nangis itu apa. Apa karena pr gue belom selesai? Frustasi gue masih belom ngerti mtk padahal h-2 ulangan? Belom ngapalin pidato? Rumah gue terasa lebih besar? Rumah gue terlalu sepi? Terlalu kangen sama orang-orang rumah?

Gue nangis sendiri nungguin sampe sesegukan ada kali setengah jam. Mata gue jadi merah, mata sembab nggak karuan, badan jadi panas, pusing, sesek napas, dan batuk-batuk, akhirnya semua pr gue tinggal tidur. Jam setengah sebelas nenek gue dateng, gue bangun sebentar buat nyambut terus disuruh tidur lagi.

Tadi pagi pas gue bangun kepala gue masih pening, banget, tapi gue paksain sekolah yaudah akhirnya wush sampe. Di sekolah malah jadi pusing, kalo kepala diangkat dari meja rasanya kayak di remes-remes. Terus gatau kenapa gue langsung sms ibu sama ayah, bilang kalo gue kangen mereka. Gue nangis lagi di atas buku mtk, sekarang udah gue masih nggak ngerti materinya, bukunya dibasahin lagi.

Home sick, padahal bukan gue yang jauh dari rumah. Kangen, padahal kalo ketemu nggak bisa ngomong apa-apa, the time that spent together always felt limited.

Gue ngetik ini aja masih nangis, soalnya tadi langsung di telpon ayah pas pas sampe rumah, di telpon ibu lagi juga. Rasanya pengen narik mereka ke Jakarta sekarang juga, suruh kakak bolos kuliah juga, biar semua bisa kumpul bentar aja sehari full di rumah.

:'''''''''''''((((((((((( being really emotional today, not feeling any good